Fastabiqulkhairaat https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk <p>Jurnal diterbikan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Alkhairaat Palu</p> en-US Fri, 31 Mar 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: PROBLEM MASA KINI DAN PERSPEKTIF MASA DEPAN https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/23 <p>Saat ini, globalisasi dipandang sebagai kekuatan yang tak tertahankan yang memberikan kemakmuran ekonomi bagi orang-orang di seluruh dunia. Namun di sisi lain, ia dituding sebagai sumber segala penyakit kontemporer, khususnya pendidikan Islam di Indonesia. Permasalahan pendidikan Islam yang terjadi saat ini sebenarnya lebih merujuk pada tantangan lembaga pendidikan Islam dalam mengatasi rusaknya pilar-pilar karakter bangsa. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi oleh pendidikan Islam adalah dalam hal manajemen pendidikan, rencana pendidikan masa depan harus mencakup tiga ciri utama masyarakat, yaitu masa depan sosio, masa depan tekno dan masa depan bio, dengan segala implikasinya. dan berdampak pada jiwa manusia. Sebagaimana dinyatakan bahwa salah satu tujuan pendidikan Islam adalah untuk menciptakan generasi yang memiliki kekuatan baik dalam keimanan maupun penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka pendidikan Islam harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Pendidikan Islam telah menampilkan dirinya sebagai pendidikan yang fleksibel, responsif, sejalan dengan perkembangan zaman, berorientasi ke masa depan, berimbang, berorientasi pada kualitas unggul, berkeadilan, demokratis, dinamis dan sebagainya. Beberapa alternatif solusi yang dapat dilakukan antara lain paradigma baru pendidikan Islam harus berpijak pada filsafat teosentris dan antroposentris sekaligus, pendidikan Islam mampu membangun kemajuan keilmuan dan pendidikan yang integratif antara spiritual, moral dan material. nilai bagi kehidupan manusia.</p> Nenny Kurniaty Lisfa Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/23 Mon, 03 Jul 2023 00:00:00 +0000 HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS PENGEMBANGAN POTENSI MANUSIA https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/24 <p>Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana. Pendidikan mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan diartikan sebagai timbal balik setiap orang dalam menghadapi alam, dengan teman, dan dengan alam semesta. Pendidikan juga merupakan pengembangan yang terorganisasi dan utuh dari seluruh potensi manusia; moral, intelektual dan jasmani, serta kepribadian individu dan masyarakat diharapkan kebermanfaatannya guna menghimpun semua kegiatan tersebut untuk tujuan hidupnya (tujuan akhir). Uraian di atas menjelaskan bahwa pendidikan adalah suatu proses atau usaha sadar untuk memberikan bimbingan atau arah kepada perkembangan manusia jasmani dan rohani menuju kesempurnaan. Dengan kata lain, hakikat pendidikan adalah pembentukan manusia yang matang, memiliki keterampilan, keahlian yang sempurna dengan kepribadian atau karakter yang utama.</p> Amilin A. Bulungo Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/24 Mon, 03 Jul 2023 00:00:00 +0000 PERBAIKAN SISTEM HUKUM DALAM PEMBANGUNAN HUKUM DI INDONESIA https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/25 <p>Abstract Sejak reformasi ditandai dengan jatuhnya Pemerintahan Rezim Orde Baru, memunculkan suatu periode transisi dalam proses demokrasi. Kata demokrasi mungkin menjadi jargon politik yang kemas dalam bentuk masalah sosial dan HAM yang kemudian kemudian diekspos kepada masyarakat untuk menentang semua kebijakan pemerintahan. Tepat mengaku selama pemerintahan Orde Baru, demokrasi cenderung menjadi sangat hal yang tabu untuk dibicarakan secara terbuka publik. Hal ini cermin dari berbagai produk legislasi yang tidak memperlihatkan keadilan masyarakat pada umumnya</p> Ramlah Dahlan Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/25 Mon, 03 Jul 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/26 <p>Pendidikan agama Islam dalam masyarakat sangatlah penting. Melalui pendidikan dan pengajaran berdampak pada akhlak yang baik. Ajaran agama bukan hanya ritual belaka tetapi sampai kepada aktualisasi ajaran dan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas pengembangan pendidikan agama Islam dalam masyarakat. Metode penulisan ini adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan/ penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan kualitas keimanan meliputi (1) pendidikan akidah/ keimanan; (2) pendidikan ibadah untuk diajarkan kepada anak-anak untuk membangun generasi muda yang punya komitmen dan terbiasa melakukan ibadah seperti shalat, puasa, membaca Al-Qur’an, dan (3) pendidikan akhlakul-karimah</p> Minannur Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/26 Mon, 03 Jul 2023 00:00:00 +0000 ILMU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF FILOSOFIS https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/27 <p>Pendidikan Islam merupakan proses pembelajaran peserta didik yang menekankan pada nilai-nilai moralitas yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadis. Kajian filsafat ilmu pendidikan Islam terbagi menjadi 3 yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Ontologi membahas tentang 1). hakikat tujuan pendidikan Islam yaitu pengembangan dan pembentukan manusia yang selalu berlandaskan Al-qur’an dan Hadist, 2). hakikat manusia sebagai subjek pendidikan karena manusia mempunyai akal, hati dan santun, manusia diberi kebebasan berfikir serta berkewajiban mempertanggungjawabkan output dari proses berfikir. Sedangkan 3) hakikat kurikulum pendidikan Islam yang mempunyai peranan penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yaitu menjadikan peserta didik memiliki kemampuan afektif, kognitif, psikomotorik dan berakhlakul karimah yang berlandaskan pada tauhid. Kajian Epistemologi mencakup 1). Dimensi pengetahuan yang terbagi menjadi 3 jenis yaitu pengetahuan tentang alam, sejarah dan manusia, 2). Sumber pengetahuan adalah Allah SWT yang tercantum dalam Al-qur’an dan Hadist, serta 3) Pengujian kebenaran dilakukan dengan korespondensi, koherensi dan pragmatis dengan menggunakan 3 daya yang dipakai untuk memahami kebenaran yakni pikiran, akal dan nurani. Sedangkan kajian aksiologi membahas tentang nilai yang mencakup kemanfaatan di dunia dan akhirat sehingga terbentuk kepribadian muslim yang humanis dan religious.</p> Darmansyah Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/27 Mon, 03 Jul 2023 00:00:00 +0000 ISU-ISU KONTEMPORER PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/29 <p>Studi ini didasarkan pada pemahaman bahwa pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk pribadi muslim yang hakiki. Generasi muda muslim harus dididik dengan konsep pendidikan Islam agar mereka mampu berkontribusi positif terhadap kebutuhan dan kemaslahatan umat serta masyarakat umum. Studi ini penting untuk memberikan arah pembaharuan dalam hal metode pembelajaran, pengembangan kurikulum dan pendekatan pengajaran yang berkaitan langsung terhadap efektifitas pendidikan Islam di lembaga pendidikan Islam. Pertanyaan yang timbul adalah isu-isu penting apa saja yang berkembang dalam pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi perkembangan zaman yang serba cepat, dan sejauh mana lembaga pendidikan Islam telah mentransformasikan diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan global serta apa saja yang yang harus dilakukan untuk menjamin bahwa lembaga pendidikan Islam mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan umat di era globalisasi. Tulisan ini menjelaskan bahwa ada kebutuhan yang mendesak untuk mengidentifikasi isu-isu kontemporer yang harus ditindaklanjuti dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya dalam upaya melakukan pembaharuan pendidikan Islam kearah yang lebih baik. Tulisan ini lebih jauh menguraikan pandangan-pandangan untuk perubahan di bidang pengelolaan lembaga pendidikan Islam meliputi: peningkatan kualitas pendidik, pengembangan kurikulum, penerapan “Student Centered Approach”, pembinaan kesiswaan, penganggaran, pengelolaan sarana dan prasarana, peningkatan mutu pembelajaran, kompetensi lulusan, dan peningkatan hubungan lembaga pendidikan Islam dengan umat serta masyarakat luas.</p> Syahrani M. Tahir Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/29 Wed, 11 Oct 2023 00:00:00 +0000