HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS PENGEMBANGAN POTENSI MANUSIA

Main Article Content

Amilin A. Bulungo

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana. Pendidikan mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan diartikan sebagai timbal balik setiap orang dalam menghadapi alam, dengan teman, dan dengan alam semesta. Pendidikan juga merupakan pengembangan yang terorganisasi dan utuh dari seluruh potensi manusia; moral, intelektual dan jasmani, serta kepribadian individu dan masyarakat diharapkan kebermanfaatannya guna menghimpun semua kegiatan tersebut untuk tujuan hidupnya (tujuan akhir). Uraian di atas menjelaskan bahwa pendidikan adalah suatu proses atau usaha sadar untuk memberikan bimbingan atau arah kepada perkembangan manusia jasmani dan rohani menuju kesempurnaan. Dengan kata lain, hakikat pendidikan adalah pembentukan manusia yang matang, memiliki keterampilan, keahlian yang sempurna dengan kepribadian atau karakter yang utama.

Article Details

How to Cite
Amilin A. Bulungo. (2023). HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS PENGEMBANGAN POTENSI MANUSIA. Fastabiqulkhairaat, 4(1), 19–28. Retrieved from https://jurnalfastabiqulkhairaat.faiunisapalu.ac.id/index.php/jfk/article/view/24
Section
Artikel